Cilacap, 12/7 (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta Gerakan Pramuka terus dapat dikembangkan hingga ke desa-desa sebagai bentuk pembinaan mental dan moral generasi muda.

"Gerakan Pramuka harus dikembangkan ke desa-desa. Jangan terhenti karena ini bagian dari kegiatan bangsa untuk membina mental dan moral generasi muda," kata Bibit saat membuka Raimuna Daerah X Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Pantai Indah Widarapayung, Cilacap, Minggu.

Terkait Raimuna Daerah X, dia mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk lebih menunjukkan jati diri sebagai Pramuka.

Menurut dia, kegiatan tersebut sangat baik untuk memberi bekal dalam menjalankan tugas dan kepribadian sebagai Pramuka.

"Karaktermu akan ditempa untuk kepemimpinan masa depan," kata dia kepada para peserta Raimuna Daerah X Kwarda 11 Jawa Tengah.

Ia mengharapkan, para peserta Raimuna Daerah X untuk mengikuti seluruh kegiatan dengan baik sehingga sasaran kegiatan dapat tercapai dengan baik pula.

Selain itu, dia juga meminta seluruh anggota Gerakan Pramuka Kwarda 11 Jawa Tengah untuk mendukung mengembangkan potensi yang dimiliki Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan Raimuna Daerah X yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pantai Indah Widarapayung, 11-16 Juli 2009, diikuti 1.052 peserta termasuk pendamping dari 35 Kwartir Cabang dari seluruh Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga diikuti empat kontingen luar biasa dari empat Kwartir Cabang di Jawa Tengah. ***5***

(U.PK-SMT/B/P004/P004) 12-07-2009 10:35:11