Temanggung, 12/8 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo bekerja sama mengelola kawasan ekowisata berhawa sejuk, Kledung, yang merupakan daerah perbatasan kedua daerah ini.

Kerja sama tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepakatan yang dilakukan Bupati Temanggung, Hasyim Afandi dan Bupati Wonosobo, Abdul Kholiq Arif di Hotel Dieng Kledung Pass, Rabu.

Kledung merupakan kawasan strategis yang terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing berjarak sekitar 17 km dari Wonosobo dan 23 km dari Temanggung dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Hasyim mengatakan, dalam otonomi daerah tidak ada satu pun daerah yang bisa berdiri sendiri.

Ia mengatakan kawasan Kledung mempunyai pemandangan yang cukup menarik, namun akan lebih menarik lagi jika tanaman di daerah itu tidak hanya tembakau dan jagung.

Menurut dia, apabila orang melihat pemandangan yang indah tentu akan turun dari kendaraannya untuk menikmatinya.

"Agar lebih menarik, kawasan Kledung bisa dijadikan sentra tanaman bunga atau lainnya, bukan hanya tanaman tembakau dan jagung," katanya.

Kholiq Arif mengatakan, pengelolaan kawasan Kledung dengan konsep ekowisata.

"Kami menawarkan gerbang mandala yang merupakan stasiun atau tempat orang singgah," katanya.

Wonosobo juga menawarkan sebagai tempat peristirahatan karena tingkat kecelakaan antara Kledung-Kretek cukup tinggi," katanya .


(T.SDP-7/C/A030/A030) 12-08-2009 21:35:54