Cilacap, 7/12 (ANTARA) - Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan Gelar Budaya Sedekah Laut yang merupakan agenda pariwisata tahunan di Cilacap akan dipromosikan semaksimal mungkin untuk mendukung "Visit Jawa Tengah 2013".

"Kami akan agendakan lebih besar, kami akan undang semua bahwa di sini ada satu pesta yang namanya pesta sedekah laut. Ini akan 'go international' sebagai bagian dari "Visit Jateng 2013'," katanya usai prosesi Gelar Budaya Sedekah Laut di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jumat.

Ia mengatakan, sedekah laut merupakan budaya yang harus diselamatkan dan dilestarikan karena sebagai ajang untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Mahaesa atas rezeki yang diberikan selama ini.

Menurut dia, saat ini banyak orang yang melupakan segalanya. "Dengan kegiatan seperti ini, kita diingatkan bahwa Tuhan menciptakan alam beserta isinya termasuk laut, sehingga harus dijaga oleh kita semua," katanya.

Terkait hal itu, dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cilacap akan melakukan penataan di kawasan Pantai Teluk Penyu guna meningkatkan kesejahteraan nelayan maupun pedagang.

Ia mengatakan, penataan tersebut dilakukan agar Cilacap terlihat indah dan damai sehingga wisatawan banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Teluk Penyu.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Cilacap Imam Yudianto mengakui, pengunjung Gelar Budaya Sedekah Laut kali ini tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Dia menduga hal itu terjadi lantaran sempat terjadi tawuran antarwarga Bakung dengan Donan beberapa pekan lalu sehingga berpengaruh terhadap keramaian.

"Yang kedua, dukungan sponsor terhadap kelompok-kelompok nelayan guna penyelenggaraan sedekah laut sangat kurang jika dibanding tahun lalu. Namun yang terpenting kegiatan inti ritual adat nelayan ini bisa terlaksana, keramaian hanya bumbu saja," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, Pemkab Cilacap mengalokasikan anggaran sebesar Rp150 juta untuk penyelenggaraan Gelar Budaya Sedekah Laut.

Sebagian alokasi dana yang bersumber dari APBD Cilacap tersebut, lanjutnya, diberikan kepada delapan kelompok nelayan masing-masing sebesar Rp4 juta sebagai bantuan untuk penyelenggaraan kegiatan sedekah laut.

Menurut dia, setiap kelompok nelayan juga mendapat dana dari sponsor untuk menggelar berbagai kegiatan di wilayahnya dalam rangkaian Gelar Budaya Sedekah Laut.

Ia mengatakan, Gelar Budaya Sedekah Laut sudah masuk ke dalam agenda wisata budaya nasional yang digelar di Cilacap.

"Ada dua yang telah masuk agenda nasional, yakni Sedekah Laut dan Festival Perahu Naga," katanya.

Imam mengatakan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari promosi pariwisata guna menyambut Tahun Kunjungan Wisata Jawa Tengah 2013 (Visit Jateng 2013).

(U.KR-SMT/B/N002/N002) 07-12-2012 11:58:05