Magelang, 27/2 (Antara) - Harga tomat di tingkat petani beberapa kawasan gunung di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu terakhir masih tinggi karena panenan sedikit sebagai dampak curah hujan yang cukup tinggi.

"Harganya naik terus, sejak Januari kemarin sampai sekarang, karena panen sedikit, curah hujan tinggi, tanaman jadi susah tumbuhnya, banyak yang kena busuk tanaman dan terkena jamur," kata Ketua Kelompok Tani "Sedulur Merapi" di kawasan Gunung Merapi di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sibang, di Magelang, Rabu.

Sejak Januari 2013 hingga saat ini, katanya, harga panenan tomat naik secara bertahap dari Rp1.500 per kilogram menjadi Rp7.000.

Ia mengatakan satu tanaman tomat dalam situasi normal bisa menghasilkan sekitar tiga kilogram, saat ini hanya sekitar 1-1,5 kilogram. Masa tanam tomat sekitar tiga bulan, sedangkan masa panen dua bulan.

Areal pertanian sayuran di kawasan setempat seluas sekitar 1.000 meter persegi, biasanya ditanami tomat antara 1.300-1.500 batang. Petani setempat juga menanam komoditas sayuran lainnya seperti cabai, mentimun, bunga kol, seledri, dan loncang.

Penasihat Kelompok Tani "Sidorejo" di kawasan Gunung Andong di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Supadi Haryanto mengatakan harga tomat di tingkat petani setempat saat ini berkisar Rp6.000-Rp8.000 per kilogram.

"Sejak sekitar 1,5 bulan terakhir mengalami kenaikan harga karena panenan sedikit, akibat hujan terus menerus. Tanaman banyak yang kena busuk batang, busuk daun, dan busuk buah," katanya.

Harga tomat dalam situasi normal Rp3.000 per kilogram, sedangkan petani setempat setiap lima hari memanen tomat, setelah masa tanam sekitar 80 hari. Dalam situasi normal, satu tanaman bisa menghasilkan tiga kilogram, sedangkan saat ini 1,5-2 kilogram.

"Sekarang jarang yang bisa panen sampai tiga kilogram, banyak yang gagal panen," katanya.

Namun, katanya, petani setempat juga menanam komoditas sayuran lainnya seperti bunga kol, cabai, dan kubis.

Ia memperkirakan pada musim tanam tomat berikutnya, petani setempat akan mendapatkan panenan tomat dengan kualitas yang lebih baik, dengan harga di bawah Rp5.000 per kilogram.

"Kalau sekitar Juni sampai Agustus nanti kami perkirakan panenan lebih baik karena sudah musim kemarau," katanya.

(U.M029/B/Mahmudah/Mahmudah) 27-02-2013 17:39:24