Boyolali, 10/12 (ANTARA) - Polres Boyolali memfokuskan penyempurnaan berita acara pemeriksaan (BAP) dua tersangka yang terlibat kasus dugaan korupsi pengadaan buku ajar tahun 2003 di Boyolali.

Kapolres Boyolali AKBP Agus Suryo Nugroho di Boyolali, Rabu mengatakan pihaknya belum menetapkan tersangka baru yang terlibat kasus itu.

Ia mengatakan Polres masih fokus untuk melengkapi BAP dua tersangka yaitu mantan Kepala Diknas Sarwidi dan mantan Kasubdin TK/SD Diknas Suparno.
Kata dia, pihaknya segera menyempurnakan berkas itu agar kedua tersangka bisa segera diajukan ke pengadilan.

Mengenai beberapa nama yang disebut-sebut sebagai pelaku baru yang diduga terlibat dalam kasus itu, menurut Kapolres belum ada penetapan tersangka baru.

Polres masih menyelidiki siapa saja pelaku yang memenuhi unsur penyertaan dalam kasus pengadaan buku ajar 2003 di Boyolali.

Kapolres memastikan ada kemungkinan jumlah tersangka bertambah. Bahkan ia menyebutkan jumlah tersangka baru bisa lebih dari tiga orang.

Menurut dia, kemungkinan sejumlah saksi yang diperiksa bisa ditingkatkan statusnya menjadi tersangka.

BAP kasus dugaan korupsi buku ajar tahun 2003 terhadap dua tersangka Sarwidi dan Suparno telah dikembalikan lagi oleh penyidik Polres Boyolali kepada Kejari.

Meski demikian, dalam berkas tersebut sudah mengarah pada pemenuhan untuk dijadikan dakwaan, dan tim penyidik sudah melakukan pemeriksaan ke Pusat Buku di Jakarta.

Penambahan pemeriksaan di Pusat Buku itu, kata Kapolres kedua tersangka sebenarnya sudah bisa disidangkan di pengadilan
Mengenai pelaku baru lainnya bisa ditetapkan sebagai tersangka dan disidangkan pada tahap kedua nanti, setelah kedua tersangka yang ada sekarang disidangkan lebih dahulu.

"Pelaku lainnya bisa disidangkan pada tahap kedua, yang penting saat ini dua tersangka yang ada disidangkan dulu," kata Kapolres.

Selama proses persidangan kedua tersangka itu, menurut dia diperkirakan bisa muncul sejumlah nama yang bisa menjadi tersangka baru dalam kasus ini.***3***
(U.K-BDM/B/M008/M008) 10-12-2008 19:25:13