Semarang, 19/12 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) mencoret enam nama calon anggota DPRD setempat dari Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2009.

Anggota KPU Jateng Siti Malikhatun di Semarang, Jumat, mengatakan empat dari enam nama tersebut dicoret karena terkait dengan kasus korupsi.

Ia mengatakan dengan pencoretan enam nama tersebut, jumlah calon anggota legislatif yang akan diajukan ke KPU Pusat tinggal 1.344 orang. "Jumlah tersebut sudah final dan tidak ada perubahan lagi," katanya.

Menurut dia, setelah diserahkan ke KPU Pusat, nama-nama dalam DPT tersebut akan mulai dicetak di surat suara.

Ia menjelaskan keenam caleg yang dicoret dari DCT tersebut masing-masing berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Indonesia Sejahtera (PIS) dan Partai Golkar.

Nama empat caleg yang dicoret terkait dengan kasus korupsi adalah Purwono, Agustina Wilujeng, dan Santoso Hutomo dari PDIP, serta Rio Suseno dari PDS.

"Dua caleg lain masing-masing dari Partai Golkar memutuskan mengundurkan diri, sedangkan caleg PIS dicoret karena diberhentikan partai," katanya.

Terhadap keenam caleg tersebut, kata dia, nama mereka tidak akan dicantumkan dalam kertas suara pemilu.

"Kotak nama mereka dalam kertas suara akan dikosongkan karena sesuai peraturan KPU, posisi mereka tidak dapat digantikan oleh nomor urut di bawahnya," katanya.

Ia menjelaskan, jika dalam pemungutan suara Pemilu 2009 terdapat pemilih yang mencontreng kotak kosong tersebut, suaranya akan dianggap tidak sah.***3***

(T.PK-ICS/B/N002/N002) 19-12-2008 22:39:25