Boyolali, 22/1 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengah pada 2009 mengalokasikan anggaran sekitar Rp3,75 miliar untuk perbaikan ruas jalan di Kecamatan Juwangi yang rusak parah pada musim hujan saat ini.

Anggaran untuk peningkatan jalan tersebut diambil dari APBD Kabupaten Boyolali dan Dana Alokasi Khusus (DAK), kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Pertambangan, Perhubungan dan Kebersihan (DPUPPK) Kabupaten Boyolali K. Hargono di Boyolali, Kamis.

"Di wilayah Juwangi atau Boyolali bagian utara tahun ini akan dilaksanakan program peningkatan jalan," katanya.

Peningkatan jalan di Juwangi itu akan dilakukan dengan teknologi pengecoran dan ditargetkan selesai dalam waktu lima bulan.

Ia mengatakan, ada empat jalur jalan yang akan dilakukan peningkatan antara lain Juwangi-Kalimati, Kalimati-Ngaren, dan Guwo-Kalitlawah. Keempat jalan itu berada di ruas Jalan Karanggede-Juwangi.

Peningkatan Jalan Guwo-Kalitlawah di Juwangi ini melanjutkan program 2008, dan kegiatan tahun ini akan menyatu dengan kegiatan pemeliharaan jalan.

Program peningkatan jalan di Juwangi tersebut memasuki tahap perencanaan, pengukuran jalan, dan pembuatan desain. "Kami belum tentukan pelaksanaannya, karena masih menunggu proses lelang," katanya.

Kendati dmeikian, peningkatan jalan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu lima bulan. Warga Juwangi pada 2009 diharapkan sudah bisa dinikmati hasil pembangunan jalan itu.

Peningkatan jalan Juwangi baru bisa dikerjakan tahun ini karena pada 2008 terkendala oleh jembatan Guwo yang tidak bisa dilintasi truk mixer. Namun, kini jembatan itu sudah dibangun dan diperkuat sehingga truk mixer sudah bisa melintas.

Anggota Komisi III DPRD Boyolali Tugiman B. Semita mengatakan anggaran APBD tahun ini diprioritaskan untuk kegiatan peningkatan jalan dengan pengecoran di jalur Boyolali utara.

Menurut dia, banyak tanah di Boyolali yang labil sehingga penanganannya harus dengan pengecoran agar jalan bisa bertahan lebih dari 10 tahun.

Namun, jika pengerjaan perbaikan jalan hanya dengan pengaspalan , diperkirakan umurnya tidak akan lama. Apalagi memasuki musim hujan, aspal akan cepat rusak.***2***


(U.K-BDM/B/N002/N002) 22-01-2009 19:14:44