Wonosobo, 23/3 (ANTARA) - Kampanye pemilu tidak memengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung ke berbagai objek wisata di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng) .

"Tidak ada pengaruhnya terhadap wisatawan, bahkan wisatawan mancanegara (wisman) juga tetap berkunjung ke Dieng," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo, Azis Wijaya, di Wonosobo, Senin.

Ia mengatakan, dalam beberapa hari terakhir atau bertepatan dengan masa kampanye pemiu, sejumlah wisman seperti dari Australia, Jerman, dan Jepang berkunjung ke Dieng.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng yang berada di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara itu antara lain memiliki objek wisata Telaga Pengilon, Telaga Warna, Telaga Menjer, Tuk Bimo Lukar, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Komplek Candi Pendowo, Pemandian Kalianget, Gua Semar, Kawah Sibanteng, dan Kawah Sikidang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo terus melakukan berbagai perbaikan dan pembangunan sarana serta prasarana kepariwisataan di kawasan itu agar dapat meningkatkan daya tarik terhadap pengunjung.

"Infrastruktur jalan dilebarkan, pembenahan kawasan Dieng, dan kami juga sedang mencari investor untuk membangun penginapan," katanya.

Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsung kampanye pemilu yang tetap kondusif di Wonosobo, ikut mendukung kunjungan wisata Dieng.

Ia mengatakan, selesainya pemasangan jembatan "bally" di jalur wisata Dieng, Desa Sitieng, Kecamatan Kejajar membuat arus lalu lintas wisata kembali normal.

Tebing di dekat jalur itu longsor akhir bulan Februari 2009 mengakibatkan ruas jalan yang terletak sekitar 10 kilometer sebelum kawasan wisata Dieng putus.

"Bahkan waktu jalan masih putus tetap ada wisman yang datang dengan berganti angkutan, mereka kelihatannya ingin sekali tetap bisa sampai ke Dieng, meski jalan putus," katanya.

Ia mengatakan, selain truk dan bus besar, semua jenis kendaraan termasuk bis wisata ukuran relatif kecil sudah bisa melintasi jalur menuju Dieng.

Target pendapatan asli daerah (PAD) pada 2009 dari pariwisata Dieng sekitar Rp296,5 juta, sedangkan kunjungan wisatawan 111.583 orang baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisman.

"Rata-rata wisatawan ke Dieng 7.500 orang per bulan baik wisnus maupun wisman," kata Azis Wijaya. ***5***

(U.M029/B/E005/E005) 23-03-2009 14:20:23